keluargapanda

dunia mix marriage

tempat buka puasa

Tempat Buka Puasa Favorit dimana saja?

Bulan Puasa Ramadan itu selalu ada tradisi buka puasa bersama, Baik antar teman dekat, teman kerja, kuliah atau bareng tetangga di komplek, Buka bersama dengan keluarga besar. Dalam satu minggu pasti ada saja ajakan atau undangan buka puasa bersama, Semenjak menikah dan berkeluarga, Tradisi buka puasa saya mengalami perubahan, Tapi kalau ditulis tempat buka puasa Favorit dimana saja, saya punya beberapa pilihan, Baik Tempat Favorit jaman saya masih tinggal di İndonesia dan sekarang di Negara Suami, Berikut beberapa Tempat buka puasa Favorit:

Masjid İstiqlal Jakarta

Buka puasa bersama di masjid istiqlal

Dulu saya paling suka datang ke masjid istiqlal jakarta, Sepulang Kantor jalan kaki 100 meter menuju halte busway, Naik busway menuju Harmoni lalu ganti Busway menuju arah İstiqlal. Ga memakan waktu lama untuk datang ke Masjid terbesar ini, Memilih menghabiskan waktu berbuka puasa di Masjid sekalian Tarawih disana selalu jadi pilihan. Kenapa? Karena lingkungan kost saya kebetulan banyak didominasi Masyarakat beda keyakinan, Berbuka puasa sendiri di Kost juga rasanya sepi (iyahh maklum jomlo pada masanya) Berbuka puasa di Masjid İstiqlal menjadi salah satu tempat favorit saya. Lokasi untuk Berbuka puasa di lantai bawah masjid, biasanya petugas masjid menyiapkan saf untuk para musafir dan jamaah masjid berbuka puasa bersama, Masjid menyediakan menu buka puasa dari para donatur yang menyumbang setiap Ramadan. Berbagai kalangan ikut berbuka puasa bersama, tidak lupa ada kultum dari ustaz Masjid. Rasa kebersamaannya terasa nikmat, semangat Ramadan yang begitu terasa. Saya pernah duduk bersama dengan saudara kaum Fakir, Pemulung dan lain lainnya, tidak ada jarak, berbagai kalangan dan profesi menyatu di masjid, ah sungguh indahnya Ramadan.

Masjid Al azhar Kebayoran (YİSC)

Buka puasa di masjid al azhar dan ikut kegiatan Ramadan Yisch

Masjid Al azhar kebayoran setiap Ramadan pun tidak kalah semarak, saya biasa datang ke Masjid ini hanya setiap weekend, Sedang weekday lebih pilih di İstiqlal karena mempertimbangkan Jarak. Kost saya di daerah Jakarta Barat waktu itu. Kebetulan tahun 2010-2011 saya aktif di Yisc Al azhar , Angkatan Azzawawi. Awal mula saya ikutan kegiatan remaja masjid YİSC Al azhar, karena diajak teman kenalan. Pikir saya daripada Weekend menghabiskan waktu ‘gitu-gitu’ aja, mending nambah -nambah bekal ilmu agama, setelah Weekday fokus urusan pekerjaan Kantor saja.

Alhamdulilah Kegiatan positif dengan teman-teman yang juga positif. Vitamin untuk spiritual ter-charge- terus lewat kegiatan remaja masjid. Setiap hari selama Ramadan , MAsjid Al azhar juga tidak kalah sibuk mempersiapkan Buka puasa bersama, layaknya di İstiqlal. Masjid Ramai jamaah. Sungguh buat saya kenikmatan sendiri berbuka puasa bersama dengan para jamaah Masjid, İkatan persaudaraan sesama Muslim begitu terasa. Masa-masa ini abadi terkenang dalam ingatan saya sekarang.

Rumah

Pernikahan memang merubah banyak hal, salah satunya tradisi buka bersama, Dulu saya jarang buka puasa bersama Keluarga di Rumah, hanya mendekati hari raya ketika Kantor sudah Mulai Libur Hari Raya, saya baru pulang ke Rumah orangtua. Ketika menikah kemudian tinggal di negara suami, Tradisi buka puasa lebih banyak dihabiskan di rumah saja, kumpul bareng keluarga. Makan bersama.Selama saya tinggal di İstanbul, Kami selalu buka bersama bareng keluarga Kakak ipar yang kebetulan bertetangga, atau menerima undangan tetangga apartemen yang mengadakan buka puasa bersama di rumahnya Maupun Teman sesama WNİ di Sini, Buka puasa bersama jadi terasa lebih İndah dengan perpaduan kuliner di Meja makan, Menu İndonesia dan Turki.

Buka puasa di Luar Rumah(Piknik)

Di luar ini maksudnya= di alam terbuka. Nah kalau di Turki, biasanya Bulan puasa Ramadan jatuh di Musim panas, Setiap Musim panas kebanyakan orang Turki suka sekali piknik di alam terbuka. Moment buka puasa bersama dijadikan Agenda untuk berpiknik. Menyiapkan segala perlengkapan piknik dari Ba’da Ashar, lalu Berangkat menuju daerah pinggir pantai (sahıl) maupun daerah piknik di Hutan.

Di İstanbul Asia, saya biasa piknik di daerah Aydos. Daerah hutan pinus di dataran tinggi İstanbul. Menu Buka Puasa layaknya menu Piknik biasa, Barbequan daging sapi atau daging ayam, Roti pide khas Ramadan, Semangkuk salad, Buah segar, tidak lupa minuman bersoda, Kudapan manis dan cay, yes cay dijamin ga bakal ketinggalan dalam hal kumpul-kumpul orang Turki.

Tempat favorit buka puasa, piknik di hutan

Restoran

Retoran Favorit saya untuk buka puasa adalah: Restoran milik pemerintah lokal di pinggir laut marmara, Untuk Buka puasa disana harus reservasi terlebih dahulu, karena dipastikan setiap buka puasa selalu full reservasi, cerita tentang tempat favorit ini, saya pernah tulis tahun lalu, bisa baca Link bawah ini:

Buka Puasa di Mall kenapa tidak menjadi pilihan?

Kalau di Jakarta, Buka Puasa di Mall menjadi tempat favorit untuk ngumpul, tinggal datang ke area Food Courtnya, Bebas memilih tempat duduk. Atau di restoran khususnya yang masih di area Mall tersebut. Nah saya pernah nih memilih buka puasa di Food court Mall dekat area Tinggal dulu. Dan ternyata setiap weekend penuh , sempat menunggu untuk dapat tempat duduk, Buka puasa untuk wilayah İstanbul hampir mendekati jam 9 malam baru azan magrib. Begitu dapat tempat duduk, makan, istirahat sebentar, Mal langsung siap-siap tutup. Bahkan ketika asyik makan beberapa pekerja mall nyicil beres beres. Selesai makan, Lampu Mal banyak yang sudah dimatikan hahah, Asli buka puasa di Mall tidak menjadi favorit saya, karena meski musim panas, jam tutup Mall tidak mengalami perubahan. Jam 10 malam. Maghrib jam 9, jam 10 Mall tutup. Makan jadi terasa diburu-buru.

Nah Untuk menu Buka puasa di Luar, saya sih ga mesti harus menu tertentu, kecuali di İndonesia, banyak pilihan. Kalau di Turki biasanya setiap tempat makan menyediakan menu İftar sofrasi, Menu khusus yang mereka jual ketika Ramadan, tapi ya ga jauh jauh dari Menu Turki juga, paket lengkap, dari sup,salad,roti,menu utama,softdrink dan kudapan manis. Kalau teman-teman tempat favorit buka puasa yang paling favorit dimana?

Rahma balci

Sundanese, Tinggal di bumi anatolia. Momblogger, moms of 2. Terimakasih sudah membaca dan blogwalking di blog keluargapanda Page FB: Keluargapanda.com

You might also be interested by

Tinggalkan komen di sini

posted by Henni yuliastari on May 8, 2019

Hai Rahma..salam kenal..Menu iftar di Turki ga jauh2 dr menu spt bulan lain ya..kurang variatif tdk spt di indonesia 😊
utk buka puasa di mall hanya punya waktu 1 jam, setelah itu mall tutup… wahh kebayang spt apa hehehe…

kalau saya paling suka buka puasa di rumah temen, ga perlu antri , ga capek masak, tinggal makan 😄😄

  • replied by Rahma balci on May 8, 2019

    hai jg mba,slm knl, iya menu makannya sbnrnya biasa aja paling tambahan roti khas nya saja, menu2 biasa aja sebenarnya yang sehari2 makan juga

posted by Anonymous on May 8, 2019

Hai Rahma salam ken..saya senang baca tulisan kamu jadi membayangkan diri sendiri di posisi kamu😄

  • replied by Rahma balci on May 8, 2019

    salam knl jg mbak.., bayangin gmn, buka puasa di mall kah:D

%d bloggers like this: