Review Drama China yang bikin Baper

Drama china belakangan ini sedang menarik hati saya.  İya kan nge-drama juga tergantung selera, Berhubung saya mengklaim penikmat drama asia, yang artinya ga setia dengan satu produksi negara saja, pokoknya negara asia gitu! jadi setelah Korea saya mulai kembali melirik drama china yang emang sih episodenya lebih banyak dari drama korea, harus ektra sabar nontonnya, tetap sepanjang-panjangnya episode drama china masih kalah sama ‘Tersanjung’ dan ‘kurtlar vadisi’ versi İndonesia dan Turki, karena saya ingat betul dengan sinetron tersanjung, dari episode pertama, Tetangga saya melahirkan bayi perempuan, sampai si anaknya mau masuk SD, Sinetronnya baru Tamat. Dan drama Turki Kurtlar vadisi memecahkan rekor lebih dari 15 tahun tayang di TV, luar biasa. Jadi optimis lah nonton drama china yang cuma 50-60 an episode masih sanggup.

Baiklah Review Drama ala blog keluargapanda dirilis lagi:)

Alasan terbaik nonton drama china adalah: 

  • karena second lead juga berhak dapat cinta juga
  • Meski konfliknya ruwet tapi ga muter muter, cepat diselesaikan.
  • Tiap karakter pendukung  selalu punya cerita masing-masing, dan sama sama menggemaskan seperti  karakter utama, jadi banyak pilihan

Nah berhubung Drama china rata-rata episodenya lebih panjang dari drama korea, jadi ada kesempatan buat pemain kedua berhak bahagia:D adil kan, duh sering banget gemas kalau nonton drama lain, selalu ada pihak kedua yang ‘kudu ikhlas’ cuma cinta bertepuk sebelah tangan sama  tokoh utamanya. Drama china ini lumayan adil, si pihak kedua, baik itu mantan-nya si Tokoh utama, atau emang orang yang tiba-tiba naksir juga, ujungnya tetap dapat pasangan masing-masing. jadi secondlead syndrome itu rada berkurang.

Beberapa drama china yang saya rekomendasikan, terutama penyuka genre fantasy, romance, kungfu, berdasar novel terkenal di china, paket komplit. 

Ashes of love

Drama romance Fantasy (63 episode), diperankan oleh aktor muda china yang sedang naik daun: Deng lun dan yang zhi. Drama ini juga diangkat dari novel berjudul: Heavy sweatness. Cerita cinta tentang dewa-dewa di kekaisaran langit (namanya juga fantasi kan ya) drama ini wajib masuk list dengan alasan: efek CGİ nya luar biasa, kostum nya bagus semua, para pemain totalitas abis pokoknya, sungguh dimanjakan nontonnya berasa masuk dunia dongeng. Drama ini bisa bikin ketawa, nangis dan intinya kalau nontonnya serius,siapkan tissue juga.

Cerita tentang seorang Puteri dari Dewi Bunga dan Putera ke-dua kaisar langit sebelumnya, yakni Dewa Air, Dewa Bunga ini terkenal sekahyangan karena kecantikannya. Akibat konflik percintaan, Kakaknya Dewa air yang menjadi kaisar langit juga naksir Dewi bunga.  Dewi Bunga hamil anak perempuan tapi disembunyikan identitas aslinya dari kaisar langit dan juga dewa air, apalagi kaisar langit malah menjodohkan Dewa air dengan Dewi angin, siasatnya agar Dewi Bunga berpisah dengan Dewa air, Puterinya dia dianggap sebagai peri anggur (kasta rendah) bahkan ayah kandungnya Dewa Air pun tidak tahu kalau dia punya puteri bersama dewa bunga. (Pokoknya ada konflik yang bikin gemas, hubungan keluarga yang terputus, ketika sang ayah baru tahu kalau dia punya puteri dan Kaisar langit yang saya gambarkan sebagai om om genit:D Naksir dewa bunga tapi nikahnya sama Dewi burung dan masih selingkuh pula sama anak Dewa arwana dari kerajaan bawah air, hidupnya nyusahin si Dewi Bunga, punya rasa bersalah.)

Singkat kata, Puteri dewa bunga bernama jin mi berkenalan dengan burung gosong.-‘ adegan dia nyiram burung yang ditanam di tanah asli lucu dan menghibur, kenapa burung gosong? jadi ceritanya dia ini Dewa api (burung phoniex) sebagai Dewa perang, anak kesayangan permaisuri langit, sebagai dewa api yang sedang berproses kelahiran kembali, tiba-tiba prosesnya gagal karena ada gangguan, dan terlemparlah dia sampe masuk  daerah dewi bunga, tempat si Jin mi. Dan jin mi yang menemukan burung phoniex gosong ini, merawatnya sampai akhirnya kembali berwujud Dewa ganteng. Tenang namanya juga Dewa, jadi kalau roh nya belum hancur masih bisa hidup kembali. Singkat kata Jin mi dan Xu feng (si Dewa api) Mulai dekat, padahal namanya Dewa perang terkenal dengan karakter tegas, dingin, mahal senyum tapi sekali senyum bikin klepek klepek. Tokoh jin mi digambarkan lugu dan tidak mengerti arti cinta, karena almarhumah (waduh almarhumah:D) Dewa bunga sebelum meninggal memberikan Jin mi bayi sebuah pill penghilang rasa cinta.Dewi bunga berharap puterinya tidak mengalami kisah cinta tragis yang dia alami sebelumnya. Segimanapun Xu feng tebar pesona sama jin mi, wajah jin mi lempeng aja:D karena dia ga tahu apa itu cinta, jin mi juga sudah ditunangkan dengan kakaknya xu feng, karena ada perjanjian antara ayahnya dan kaisar langit, kalau anaknya Dewa air akan dijodohkan dengan Run yu, kakaknya dewa api tapi beda ibu, Run yu ini anak selingkuhan Kaisar langit sama Tukul arwana, eh maksudnya anak dewi arwana.

sumberfoto:google

Konlik percintaaan tidak seputar Xu feng dan jin mi saja, tapi juga sahabatnya anak raja iblis, Dunia iblis tidak digambarkan seram, cuma dengan nuansa hitam saja, anak raja iblis masih bisa jatuh cinta, dan kisah cintanya pun bikin baper. Tiap Tokoh memiliki cerita tersendiri, ada yang lucu, sedih, dan menyebalkan tapi tetap menarik karena selalu dijelaskan kenapa si tokoh bisa jahat, bisa selingkuh, bisa berkhianat. Seperti kisah permaisuri langit yang digambarkan sebagai permaisuri yang haus kekuasaan, kejam, tapi juga sayang banget sama puteranya, dan masih berharap sang kaisar beneran cinta dia, semua yang dia lakukan dibutakan kekuasaan, tapi juga ada kisah sedihnya. Diakhir hidupnya dia merasa tidak bahagia dan menyesal, karena orang yang peduli dan menolong dia adalah seseorang yang dulu dia abaikan dan campakkan cintanya demi bisa naik tahta dan menjadi permasuri kekaisaran langit, orang tersebut kakaknya sang kaisar itu sendiri.  Yang tadinya sebal sama si permaisuri jadi simpati di ujung akhir hayatnya. konfliknya banyak dan tidak membosankan, komedinya juga tetap segar, adegan kungfunya yang terbang-terbangan juga OK, sedih-sedihnya juga ngena banget. Dan pesonanya Xu feng itu emang menggoda sekali, terlalu sempurna mencintai sosok jin mi, meski tegas dia juga pemaaf, duh bang:))  dia ga dendam sama Run yu abangnya yang udah khilaf jadi jahat, tetap pengen hubungan keluarganya harmonis.

Legend Of yun xi

Untuk yang suka drama ta’arufan cieee:D Menikah dulu baru pacaran, legend of yun xi ini bisa jadi pilihan

DramaWuxia, kolosal yang diangkat dari Novel juga:  Poisons genius consort, kisah tentang seorang perempuan ahli racun bernama Han  Yun xi (ju jing yi) yg  terpaksa menikah dengan keluarga kerajaan, dia menikah dengan pangeran qin, long feyei (zhang zhe han) Yun xi ini salah satu anggota keluarga Dokter kerajaan (kendati aslinya dia bukan puteri kandung sang dokter) yang  dapat mandat dari İbu suri Kerajaan, Bahwa salah satu puteri dokter tersebut dapat hadiah pernikahan dengan keluarga kerajaan, sebenarnya ini trik politik saja dari raja, yang  takut dengan pengaruh bawahannya si pangeran long feyei. jadi Raja menikahkan Pangeran Long feyei dengan puteri dokter han yang buruk rupa, Yun xi ini punya luka di wajahnya, sehingga sering menutupinya dengan cadar. Yun xi gadis baik dan punya ketertarikan dibidang medis seperti ayahnya, Hobby yun xi pergi ke hutan untuk mencari tanaman herbal, salah satunya jenis rumput yang bisa menyembuhkan luka di wajahnya. Sebelum pernikahan dia mengobati wajahnya, dan luka tersebut hilang.  Menikah dengan pangeran long feyei tanpa didasari cinta.  Mereka bertemu lagi secara langsung di kamar pengantinnya, sebelumnya pernah ketemu di hutan dalam suatu insiden, tapi feyei tidak mengenali yun xi, karena bercadar dan wajahnya ada luka. Dipikir orang yang beda. Singkat kata, Yun xi yang sebenarnya di suruh ibu suri untuk jadi mata-mata dikediaman feyei, pernikahannya hanya alat ibu suri untuk mengkontrol Yun xi yang dijanjikan akan dipertemukan dengan ibundanya. Adegan ketika yun xi pulang ke rumah keluarganya setelah menikah, karena tradisi juga, harusnya pulang bareng suaminya, Yun xi yang merasa feyei tidak menyukainya apalagi pernikahan mereka hanya karena politik semata, disini yun xi menunjukkan ketegarannya pulang sendiri, bagi dia gak apa-apa menerima hinaan, dianggap istri yang gagal, duh tiba tiba long feyei datang dong nyusul..cieee, yun xi sempat kaget, dari sinilah benih benih cinta mulai tumbuh, meski sempat dihina saudaranya, diremehin, Feyei menyelamatkan harga diri yun xi dimata keluarganya.Karena kepintaran yun xi dalam bidang medis, yun xi ahli racun, lambat laun Feyei mulai mempercayai Yun xi, dari yang hubungannya dingin mulai cair. Mereka mulai cocok satu sama lain. Cerita selanjutnya panjang tapi tetap menarik, ada orang ketiganya? oh pasti ada lah buat mancing mancing cemburunya long feyei, qu qi shao (yalkun mexrat) yalkun ini aktor china keturunan uyghur jadi gantengnya agak beda sama wajah cina umumnya.

yun xi dan long feyei

Qu qi shao juga ahli racun jadi cocok berteman dengan yun xi, lama-lama dia juga jatuh hati dengan yun xi, ga peduli kalau yun xi udah istri orang, antara tulus bersahabat dan masih ngarep gitu kira-kira.

Tokoh pendukung sebagai penghibur, adalah adik dari long feyei (qing ge) dan tunangannya yang bawel (ning ning) asli mereka itu diibaratkan tom and jerry, yang cewek cinta mati sama qing ge, mereka berteman dari seperguruan kungfu, ning ning anak gurunya qing ge yang ngejar-ngejar dia pengen dinikahin, qing ge sempat kabur dari pernikahannya dengan ning-ning karena ngerasa belum siap dan masih ragu sama perasaannya. Banyak adegan lucu diantara mereka, apalagi pas akhirnya qing ge sadar kalau dia sebenarnya suka sama ningning, begitu dia malah nyerah ngejar qing ge dan pilih pulang kembali ke kampungnya. mereka juga yang akhirnya jadi kaisar dan permaisuri setelah kerajaan Tiang ning  jatuh, ada konflik kekuasaan juga. Qing ge yang dididik kakaknya feyei, bisa begitu bijaksana ketika jadi raja, tapi begitu berdua sama permaisurinya si ning ning, jadi suami takut istri yang kocak, ning ning sempat kesal kenapa harus mereka yang mimpin kerajaan tapi bukan feyei, apalagi selalu ada adegan menteri yang meminta raja untuk mencari selir selir agar raja punya keturunan:D

Baca juga : http://keluargapanda.com/be-with-you-movie-review/

Tiap peran punya cerita cinta masing-masing termasuk pengawal setianya feyei juga, ga selalu terpusat dengan pasangan yun xi saja. Drama yang ngebahas tentang intrik politik,  Ahli racun dan herbal, karena menguasai dunia herbal, racun juga bisa menjadi sumber kekuatan , mereka menciptakan racun racun mematikan untuk melawan musuh nya, menyebarkan wabah mematikan sehingga melemahkan sebuah daerah. Feyei yang terkena racun mematikan karena sempat jadi korban percobaan sebuah obat dan yun xi yang selalu berusaha mengobati feyei, melakukan berbagai percobaan untuk menemukan penawar racun di tubuh suaminya, yang ternyata penawar itu ada di tubuh Yun xi sendiri, sebagai puteri kandung dari ahli racun, Darah di hati yun xi lah penawar dari racun Gu di tubuh feyei. Apa yun xi akhirnya mati demi fe yei? ah tonton saja ya:)

Ten Miles of Peach Blossom

Kabarnya drama ini menjadi drama populer yang paling banyak ditonton di China sana, Padahal drama fantasi? Buat yang suka genre romance campur kungfu juga, Ten miles harus masuk list, sosok Si yin, su su, bai qian qian diperankan oleh orang yang sama: yang mi, lalu ye hua dan Mo yuan juga diperankan satu orang yang sama: Mark chao, Untuk karakter utama: Bai qian qian, Si yin adalah nama penyamarannya ketika belajar kungfu di gunung kun lun, demi diterima jadi muridnya Mo yuan (karena cowok semua) dia nyamar jadi cowok dengan nama si yin. lalu Su Su adalah nama dia juga ketika jadi ‘manusia’ di Dunia, Nah di dunia ini dia bertemu Ye hua, yang waktu itu dia terkena cedera (Ye hua di gambarkan sebagai wujud Naga, maklum kan dewa:D jadi punya wujud lain selain wujud manusia, kalau qian qian dia rubah putih semacam Gumiho di drama korea yang di perankan shin min ah dulu)Berwujud naga kecil yang terluka, Ye hua dipungut Su su dan dirawat dirumahnya, diobatin, dikasih makan daging mentah (ye hua yang ogah banget makannya) dan diselimutin juga tidur bareng, terus kalau malam, ye hua berubah wujud lagi jadi manusia(kesempatan banget gitu tidurnya sampe di peluk Su su heheh) intinya di dunia manusia ini ye hua akhirnya jatuh cinta dan menikahi Su Su (Ye hua belum tahu kalau Su su juga adalah sosok Dewi bai qian qian yang sudah dijodohkan sama dia) di dunia manusia Su su yang sedang melewati semacam ujian gitu -Dia jadi manusia dan dihilangkan ingatannya sebagai Dewi. Malah bertemu Ye hua dan menikah, Pernikahannya di tutupi agar kerajaan langit tidak curiga, tapi akhirnya ketahuan juga, Apalagi ketika Su su juga diketahui Hamil. Dibawalah Su su ke İstananya,  Ye hua bersikap dingin dengan Su su , bermaksud melindunginya, Selama keberadaan Su su di İStana langit, Su jin seorang selir kaisar yang dari kecil naksir ye hua, selalu menjebak Su su,  Cinta buta Su jin ke ye hua membuat dia melakukan berbagai hal licik menjebak Su Su, sampai dia harus kehilangan matanya, pokoknya konflik Su jin ini bikin menguras emosi banget, sampai akhirnya Ye hua harus kehilangan Su Su begitu melahirkan anak mereka A-li.

yehua dan bai qian qian

Selain Tokoh utama ye hua dan bai qian qian, Buat saya nonton drama ini justru yang mencuri perhatian adalah kisah Dong hua di jun dan Bai feng jiu. Meski mereka hanya karakter pendukung, asli yang membuat gemas justru kisah Dong hua dijun dan Feng jiu, dan kabar baiknya kisah mereka sendiri akhirnya di angkat dalam drama, akan tayang 2019 nanti..horeeee, Dong hua dijun ini digambarkan seorang Senior di kerajaan langit, dia mantan penguasa langit, tapi ga digambarin tua, meski rambut putih tetap awet muda, hanya umurnya udah ribuan tahun. Bai feng jiu keponakan dari Bai qian qian, dia berwujud rubah merah,karena pernah diselamatkan dijun, feng jiu merasa berhutang budi dan mau membalasnya, feng jiu masuk istana dijun sebagai pelayan. Di jun yang digambarkan sosok yang dingin dan tidak punya perasaan, bahkan menulis takdirnya sendiri tidak akan berjodoh dengan siapapun. lalu datang sosok feng jiu, gadis muda yang mulai masuk ke kehidupan Di jun, dibantu Si ming si Raja bintang yang mendukung Feng jiu menaklukan Di jun. Kisah mereka berdua ini dimata saya menggemaskan, Sekuat apapun Feng  jiu mendekati Di jun tetap tidak ada takdir bagi mereka berdua di langit. Ending mereka berdua ini menggantung-.*

Dong hua di jun dan bai feng jiu diperankan: dilireba dilmurat dan vengo guo

Meski kabarnya kisah mereka sedikit berbeda dengan di Drama Ten Miles, sudah terlanjur jatuh hati dengan pasangan ini, Dramanya nanti wajib masuk list:)

Masih ada Princess agent, tapi kalau di ulas lagi kayaknya kepanjangan:D   Drama drama diatas yang menurut saya tingkat kebaperannya cukup mengkhawatirkan.., apalagi bagi pecinta genre romance, Meski episodenya lumayan panjang tapi cukup memuaskan dan layak di tonton, bisa dibuat terharu, tertawa, sedih. Nguras emosi gitu, Namanya juga drama fantasi jadi jangan dipikir terlalu serius kenapa Dewa nya ga mati-mati, kenapa bisa terbang, enak banget pulang pergi dari langit ke bumi ga pusing mikirin tiket pesawat kayak saya. Awet muda kayak Di jun, meski rambut sudah berubah hahah tetap awet ganteng.  Tapi alur ceritanya memang seru dan tidak membosankan. Bisa jadi referensi untuk menghabiskan malam pergantian tahun dengan marathon ngedrama:))

Tinggalkan komen di sini