keluargapanda

dunia mix marriage

Moment Ramadan ketika jauh dari Masjid.

Apa moment Ramadan yang berkesan tahun 2019 ini? Moment dimana untuk pertama kalinya dalam hidup, tinggal jauh dari Masjid, tidak mendengar suara lantunan azan langsung dari Masjid hanya lewat TV. Padahal saya tinggal di negara mayoritas Muslim.

Yah Ramadan 2019 ini menjadi awal Ramadan pertama saya yang terasa berbeda, untuk beberapa tahun kedepan, saya harus beradaftasi dalam keheningan. Padahal tinggal di negara mayoritas muslim? Kok bisa.

Karena Pekerjaan suami yang berdinas di lokasi baru, tinggal di area komplek tapi ditengah lahan pertanian, daerah pegunungan, Masjid terdekat sekitar 1.5 km, itupun masjid kecil, untuk masjid lebih besar di daerah Carsı- harus menempuh 7 km. Suara azan tidak terdengar sampai rumah kami, otomatis jadwal solat pun , saya mengandalkan sekali update-an dari website resmi pemerintah, kapan waktu solat tiba, harus cek di internet. Merindukan suasana Tarawih di masjid, ramainya jamaah, suara anak-anak tertawa riang di malam-malam bulan Ramadan. Ah bersabar saja, Ramadan bisa diciptakan sendiri suasananya di rumah.

Hal yang paling berkesan selama Ramadan

Sebagaimana layaknya orang berpuasa, moment Ramadan sebagai bulan kebaikan begitu terasa, bersyukur memiliki lingkungan tetangga yang baik, kami sering berbagi hantaran antar tetangga, tetangga yang berkebun di belakang gedung, selalu membagikan sayuran yang dia tanam, masakan yang dia masak. Saya juga tidak kalah antusias untuk ikut berbagi, seperti kemarin, sibuk di dapur untuk membuat donat kentang, mempersiapkan bahan-bahan semenjak siang, begitu sore menjelang iftar bisa menghantarkannya.

Bagaimana juga kondisi sekarang, karena pilihan. Kewajiban saya sebagai istri ikut dimanapun suami tinggal dan ditugaskan, Bisa menikmati Ramadan bersama suami dan anak-anak sebuah kesyukuran, apa yang ada, setiap moment berharga,berbagi kebahagiaan dengan anak-anak. Tidak ada Ramadan tanpa kesan, Ramadan selalu meninggalkan jejak hangat dihati, bulan yang dirindukan, dan berharap dipertemukan kembali dengan Ramadan di masa depan. Meski dalam keheningan tanpa suasana khas Ramadan sebelumnya.

Rahma balci

Sundanese, Tinggal di bumi anatolia. Momblogger, moms of 2. Terimakasih sudah membaca dan blogwalking di blog keluargapanda Page FB: Keluargapanda.com

You might also be interested by

Tinggalkan komen di sini

%d bloggers like this: