jodoh pasti bertemu, meski harus balikan dengan mantan

Jadi ingat lagu afghan: Jodoh pasti bertemu, Beberapa hari yang lalu, saya sempat baca komen di sosial media, tentang kesuksesan salah satu aktor indonesia yang main di film holywood yup, İko uwais, ada komen ala netijen julid yang menulis, kalau si aktor menikah dengan pelakor-maksudnya istrinya Audy (duh dia ini salah satu penyanyi indonesia yang saya suka loh, kayak ga terima gitu hehe dibilang pelakor)  Jadi ya, selama si abang iko nya belum sampai menikah lalu tiba-tiba berjodoh dengan orang lain, mau apa? yang nentukan jodoh dia kan bukan para fans nya.

Banyak kasus pacaran dengan siapa, eh nikahnya sama siapa? 

Kisah tentang jalan jodoh seperti ini saya lihat dari saudara sepupu sendiri, balikan sama mantan? kenapa engga? Saya mau cerita karena menurut saya unik banget, sebagai manusia kita udah berencana, tapi ikhtiar dan takdir juga menentukan.

Sepupu saya ini, pernah pacaran dengan cowok yang lebih muda dari dia, beda setahun. Awalnya keluarga mikir kalau mereka ya cinta monyet saja (saya juga bingung dengan maksud cinta monyet:D seperti apa monyet bercinta) masih anak sekolah. keluarga sepupu saya ini, keluarga sederhana. Sedang keluarga pacarnya adalah keluarga berada, mirip ala melodrama percintaan si kaya dan si miskin yang banyak rintangannya. Dua keluarga tidak merestui, ketika mereka mengutarakan keseriusannya, apalagi si cowok adalah anak lelaki satu-satunya yang di harapkan meneruskan usaha keluarga, ditambah dia masih sekolah SMA belum lulus. Sepupu saya lulus sekolah lanjut bekerja.  Ternyata hubungan mereka meski usia terbilang muda begitu serius, ibarat romeo dan juleha, dipaksa putus oleh kedua belah pihak keluarga, penuh derai air mata, sepupu saya akhirnya putus dengan pacarnya ini. Si pacar sampai dipindahkan sekolah ke Yogya dari jakarta.

Dia mencoba menerima keadaan, bangkit dari keterpurukan. Dan  pasrah ketika diapun dijodohkan dengan laki-laki yang dinilai lebih layak baik dari sisi usia yang lebih tua dan pekerjaan. Pembicaraan tentang rencana pernikahan sudah tahap serius, Lalu adegan drama kehebohan itu terjadi, tiba-tiba dihari pertunangannya sepupu ini menghilang! saya ingat betul bagaimana situasi saat itu. Sampai salah satu kakaknya bilang:

” duh kamu entar jangan kayak efi ya, duh malu ini…, main kabur aja”

baca ini:awal kisah kami , kalau kisah saya sedikit berbeda.

Bak adegan ala drama korea, selang beberapa jam, si efi datang bersama  mantannya, huah makin hebohlah. rupanya si mantan tahu kalau efi (nama samaran ya) akan dijodohkan. Dia datang dari yogya langsung demi mencegah pertunangan terjadi.  Dia memohon agar efi tidak dijodohkan,dia sayang efi, mereka seakan cinta mati berdua.

Sang calon tunangan? pria yang sabar dan cukup dewasa, dia juga tidak terpancing emosi, dia tahu kalau tidak bisa menggantikan posisi si mantan efi ini, menikah dengan terpaksa juga bukan pilihan. Waktu itu ada ustaz kampung saya yang menjadi penengah dan menghibur hati si calon tunangan efi, si ustaz mengajak  pria ini  ke rumahnya, setelah dia dengan besar hati membatalkan acara pertunangan di rumah efi, efi juga meminta maaf tidak bisa melanjutkan hubungan ke tahap serius dengan pria ini.

Dan setelah pembatalan pertunangan efi tersebut, akhirnya keluarga ‘terpaksa’ menyetujui hubungan mereka, si mantan yang masih sekolah, begitu mantap menikahi efi dengan proses yang sederhana, karena dia juga belum lulus sekolah-waktu itu masih kelas 3 SMA- mereka dinikahkan dahulu secara agama.

Luar biasanya, si mantan yang akhirnya jadi suami efi, dia rela tidak mendapat support apapun dari keluarganya, begitu lulus SMA, demi mencukupi kebutuhan rumah tangga, dia kerja serabutan, ngojek pun dijalani, sampai terkumpul modal bisa lanjut sekolah pelayaran. Sekarang pernikahan mereka tetap harmonis, dikaruniai 3 orang putera, yang pertama sudah SMA, dengan kesabaran akhirnya kedua keluarga bisa menerima.

Lalu bagaimana kabar pria calon tunangan efi?

Allah itu punya rencana indah juga buat dia, begitu diajak ke rumah ustaz, maksud hati untuk menenangkan diri dan mendengar nasehat-nasehat kebaikan, adik ipar si ustaz yang terbilang jarang sekali berkunjung karena kesibukannya, hari itu seperti sudah diaturNya, dia datang ke rumah kakaknya, dengan alasan kangen keponakan.

Si ustaz yang tidak bermaksud juga menjodohkan, entah bagaimana ceritanya, semenjak pertemuan di rumah ustaz tersebut, hubungan si pria ini berlanjut dan ternyata mereka berjodoh! langgeng juga sampai sekarang.

Cinta memang harus diperjuangkan, cerita efi dalam benak saya cukup unik saya jadi saksi sendiri, bagaimana proses pernikahan mereka berlangsung, drama keluarga, awalnya juga banyak sekali yang meragukan kekuatan cinta mereka berdua, apalagi si cowok terbilang masih muda, waktu itu umurnya sekitar 17 tahunan, apa bisa dia memikul tanggung jawab, banyak yang meragukan karena melihat latar belakang keluarganya yang berkecukupan.

Apa ini jenis cinta sejati? waktu  sudah menjawabnya dalam kurun 18 tahun lebih usia pernikahan mereka , semoga mereka berjodoh sampai jannah,  waktu juga sudah semakin mendewasakan mereka, melewati berbagai ujian dan cobaan. Harus mengalami perpisahan dulu tapi ya kalau emang mereka berjodoh, jodoh pasti bertemu.hidup bersama

Kalau ada pepatah yang mengatakan: kalau belum sampai janur melengkung belum tentu berjodoh? ada yang percaya, atau ada yang punya kisah cinta unik seperti kisah efi ini.

Saya kalau ingat kisah efi selalu mengatakan: mungkin itu yang namanya kekuatan cinta.

Drama korea dalam kehidupan nyata apa drama india hehe.