Berdirinya Negara Republik Turki?

Setiap tanggal 29 oktober diperingati sebagai Hari republik atau Cumhuriyet bayram, Peringatan berdirinya Negara Republik Turki. Buat yang pernah baca-baca sejarah Turki, . Memang memiliki dua sisi cerita, Sisi kelam runtuhnya kekhalifahan Utsmaniyah di Tanah Turki, Kalahnya Turki di perang dunia pertama, yang menyebabkan daerah kekuasaannya terpecah. Reformasi sistem pemerintahan dan berdirinya republik   23 oktober 1923. Beralihnya sistem islam menjadi sistem barat meliputi politik dan sebagainya. Tapi di tulisan ini saya ga akan bahas sejarah Turki lebih panjang karena bukan ahli sejarah.

 History has been written by the victors (w churchill)

Jangan tanya kenapa masyarakat Turki yang sebagian besar Muslim tetap merayakan hari republik?–Padahal berdirinya negara Republik Turki  meninggalkan luka yang dalam  untuk  muslim itu sendiri, Salah satunya Pecahnya wilayah kekuasaan Ottoman, Palestina yang jatuh ke tangan sekutu. Sistem hukum islam yang dihapus.

‘keberhasilan’ pendiri republik negara Turki adalah: Membangun nasionalisme yang tinggi dibenak rakyatnya.

Memang  jika dilihat dari sisi lain, Sebagai sebuah bangsa berdaulat, Masyarakat Turki memiliki kecintaan yang kuat terhadap jatidirinya . Melangkah dan meninggalkan masa lalu yang ‘kelam’ meski tidak melupakan. Dan tetap menghargai jasa para pahlawannya yang berjuang agar bangsanya tetap utuh. Bagi Mereka merayakan 29 oktober juga tetap penting.

Baca: agama orang turki

pameran foto perang canakkale selama cumhuriyet bayram.

Perayaan hari republik yang menjadi hari libur nasional, Biasanya Pemerintah pusat maupun lokal merayakan moment 29 oktober yang diisi dengan berbagai acara menarik. Ok intinya saya ga bahas sejarahnya ya:D Bahas yang menariknya saja selama perayaan cumhuriyet bayram.

Baca: İstiklal marsı, lagu kebangsaan Turki

Libur nasional dan diskon ongkos kendaraan umum

Setiap libur nasional kenegaraan maupun agama (hanya hari raya umat islam) yang diberi hari libur dalam kalender tahunan. Menariknya Pemerintah selalu memberi harga khusus selama libur nasional untuk ongkos transportasi dalam kota. Jadiwarga bisa memanfaatkan hari libur dengan jalan-jalan datang ke pusat keramaian (biasa disebut juga Carsı)

Di Pendik Carsı, Setiap tahun selalu mengadakan acara menarik, Pemerintah Pendik (salah satu kotamadya di İstanbul) Tiap tahun tidak pernah absen untuk menggelar Panggung hiburan, Foto Booth Gratis, Pembagian souvenir baik bendera, balon berwarna bendera Turki, Lukis wajah, tarian rakyat seperti di video ini.

 

Salah satu tarian khas dari daerah karadeniz, berinteraksi dengan warga kemudian menari bersama dengan gerakan kaki yang cepat, Semua bisa ikut bergabung termasuk pejabat daerah pendik yang ga kalah gesit ikut menari bersama warganya. Ya bagi mereka merayakan hari republik sebagai wujud persatuan dan kecintaan mereka terhadap bangsanya. Merayakan tetap dengan penuh suka cita.

Nasionalisme yang Kuat

Perayaan Hari republik juga diadakan di sekolah-sekolah, Seperti sekolah TK nya Fatih, meski bukan sekolah berbasis umum, (TK islam) Guru -guru di sekolah tetap menanamkan ‘rasa nasionalisme’ sebagai orang Turki. Kegiatan belajar banyak diİsi dengan tema Turki: Mewarnai bendera, prakarya, dan aula kecil di sekolahnya tetap memasang wajah bapak pendiri republiknya.  Untuk alasan kenapa wajah si bapak pendiri ini ada dimana-mana apalagi di lembaga pendidikan, karena ada payung hukum yang melindunginya. Selebihnya saya masih awam. Foto Beliau semacam menjadi simbol negara selain bendera Bulan bintang. Selama di Turki, harus terbiasa melihat wajah bapak ini dimana-mana 🙂

 

 

Tinggalkan komen di sini