Belajar tentang Berharganya Waktu dari Kisah cinta BCL

Selasa 18 Februari 2020, pagi-pagi setelah membuatkan sarapan untuk Fatih, menyiapkan bekal snacknya untuk di sekolah. Kemudian Fatih dan Babanya berangkat untuk sekolah dan baba juga berangkat kerja, Tidak lama Alya bangun dan bergabung duduk di ruang tamu, dia minta nonton kartun dan saya baru ada sedikit waktu buka HP, cek instagram, pas banget buka akun salah satu aktor tanah air yang menulis kabar duka cita, cek Feed Berita tentang wafatnya suami BCL memenuhi sosial media.

Kematian mendadak di usia 40 tahun, saya buka juga twitter dan cek tagar. Sempat juga buka chanel youtube dan menonton prosesi keberangkatan Jenazah ke San diego hills , karawang. Situasi padat sekali, banyak awak media terlihat rebutan untuk mencari posisi merekam keluarga Almarhum, dan yang sangat mengejutkan, diantara suara-suara para awak media yang terekam, ada yang melontarkan kata-kata kurang pantas ke İstri Almarhum, BCL: Janda baru. Komen bernada hujatan pun memenuhi akun youtube tersebut, karena suaranya terdengar sangat jelas. Suasana sedang berduka, tidak ada empati dan etika sekali dari mulut nyinyir wartawan gosip.

Jika ditinggal pasangan secara mendadak

Siapa yang mengira akan ditinggal Pergi pasangannya mendadak seperti itu dan siapa yang mau? Meski pekerjaannya mencari berita, punya etika lah sedikit terhadap seorang istri yang sedang berduka. Jadinya saya rada kesal pas buka akun youtube tersebut. Lalu beralih ke twitter, tagar tentang NOAH putera semata wayang BCL dan suaminya, wajah anak laki-laki 9 tahun yang berusaha tegar menerima kenyataan kalau Daddy kesayangannya wafat. Wajah seorang İbu yang juga menahan kesedihan berusaha menenangkan puteranya, saya yang memang mudah sekali berkaca-kaca melihat adegan di drama keluarga, tak kuasa menahan air mata. Duh kenapa jadi ikut terbawa emosi semudah itu-.-‘ apa karena saya membayangkan diri di posisi BCL, ditinggalkan suami secepat itu, Mimpi, buruk yang nyata--ujar BCL yang dia sampaikan ke rekannya sesama penyanyi Andien.

Bagaimana firasat kematian datang

Pulang kerja, Suami terheran-heran dengan mata sembab saya, dia bertanya-tanya terus ‘‘iyi misin? –Ne oldu?” dia kuatir saya bersedih tapi tidak tahu penyebabnya, saya berusaha mengalihkan pembicaraan, kalau dia tau saya menangis hanya karena membuka sosial media, mendapat kabar duka cita selebritis İndonesia, yang kenal pribadi juga tidak. Paling responnya ”Allah Allah ..kirain apaan”. Ya sudahlah emang bawaan saya seperti ini, mudah sekali mengeluarkan air mata dengan kisah-kisah yang mengharukan atau sedih.

Hikmah yang jelas sekali saya dapat dari membaca berita duka kepergian suami BCL, adalah WAKTU. waktu yang berharga dengan orang-orang yang kita sayangi, karena tidak tahu esok akan apa yang terjadi. Suaminya terlihat sehat masih sempat becanda dengan istrinya sebelum kemudian ajal menjemput. Kita tidak akan pernah tahu waktu perpisahan di Dunia, bisa datang kapan saja. Syok udah pasti, seakan tidak percaya! Kehilangan yang sangat besar itu adalah perpisahan oleh kematian dengan orang yang kita sayangi, karena dia tidak akan kembali ke dunia. Pergi menuju keabadian. Kehilangan Harta, Tahta, masih bisa kita usahakan lagi. Tapi seseorang yang berarti dan terpisahkan oleh maut? Kehilangan terbesar di dunia, meski katanya itu hanya perpisahan sementara, kita akan menyusul juga nantinya.

Dalam pernikahan modal cinta saja tidak cukup

waktu berharga dengan pasangan hidup jangan dsia-siakan. foto:dok pribadi.

Saya pernah merasakan kehilangan mendadak, rasanya benar-benar syok. Air mata tidak terbendung, sementara saya berada jauh di tanah rantau, Hanya Doa, doa yang bisa saya ucapkan.

https://keluargapanda.com/kesedihan-kematian-keponakan-karena-diserang-tawon/

Membicarakan tentang kematian dengan pasangan?

Saya sering berdiskusi tentang ini sama suami, mengerikan? engga juga. karena nantinya juga pasti datang. Rencana-rencana masa depan. Seperti kedekatan suami sebagai Baba dengan Fatih itu luar biasa, mengekpresikan rasa sayang antara Ayah dan anak laki-laki, membiasakan pelukan, ciuman dan ungkapan sayang. Pulang sekolah jika Babanya sedang libur orang yang pertama dia cari, untuk memeluk dan menciumnya adalah Babanya. Melihat kedekatan Suami BCL, Ashraf Alm. dengan puteranya Noah, seperti itu juga saya melihat kedekatan Suami dengan anak laki-lakinya. Pernah saya tanya ” apa kamu ga berlebihan mengekpresikan kasih sayang seperti itu?” jawab dia. ” kenapa tidak!”’. ” saya sedang mendidik anak laki-laki penuh kasih sayang dan tanggung jawab. karena kelak dia yang akan menggantikan posisi saya di rumah, jika saya Wafat duluan, Kamu masih ada anak laki-laki yang akan menjaga’. Jleb. Kata-kata suami seperti itu membuat saya berpikir tentang masa itu yang akan datang, meski saat ini, jujur saja membayangkan saja belum sanggup.

Ketika sedang di titik terendah pernikahan, apa yang harus dilakukan?

Sebenarnya tidak ada resep ajaib untuk menjalani Rumah tangga Bahagia.

Semua berproses, menjalani dan menikmati segala proses adaftasi dua karakter manusia yang dipersatukan ikatan suci pernikahan dalam satu atap. Saling mengenal satu sama lain kemudian melengkapi kekurangan dan kelebihan pasangannya. Tapi kalau ditanya, apa saya bahagia Menikah ? İnsha Allah meski kehidupan pasang surut, saya bahagia mendampingi dia.Keputusan yang tidak saya sesali. Selagi masih ada waktu tersisa hidup bersama dengannya, setiap detik apapun itu saya syukuri keberadaannya. Karena saya tidak tahu esok apakah dia atau saya yang pergi dahulu dijemput ajal. Berharap dipersatukan kembali kelak di Jannah-Nya, itu pasti, untaian doa yang selalu saya selipkan disetiap sujud. Waktu yang tersisa sekarang saya dan dia,menjadikan kesempatan untuk terus memperbaiki diri, menjadi orang baik dan bermanfaat. İtu saja. Semoga BCl diberi kekuatan menjalani hari hari kedepannya, saya tahu pasti tidak mudah bagi dia ketika separuh jiwanya pergi begitu cepat. Dan untuk kita yang masih bersama dengan pasangan hidup, semoga jadi renungan terbaik tentang Cinta, kebersamaan, karena ada gilirannya saya atau teman teman semua merasakan posisi yang sama dengan BCL, dipisahkan oleh maut.

Lingkungan tinggal sekarang Keluargapanda?

Di Pluto:D saya selalu menyebutnya demikian buat inisial, karena percuma dijelasin, belum tentu juga ada yang mau mampir hehehe, Oh ya saya sudah tidak tinggal di İstanbul, beberapa postingan sudah menjelaskan lokasi tinggal saya sekarang. Tinggal di area pegunungan di barat daerah laut hitam.

APa yang Menarik tinggal di tempat sekarang daripada tempat lama?

Jujur saja, Harga sewa lebih murah! dengan kondisi ekonomi Turki yang terus İnflasii harga kebutuhan pokok semakin tinggi, memilih pindah dari Kota sebesar İstanbul menjadi pilihan Pegawai negeri Turki. Hampir semua teman kerja suami memiliki alasan sama: Kondisi ekonomi. Untuk proses mutasi kerja keluar dari İstanbul butuh . Penilaian skor kinerja. Para PNS yang ingin pindah Dinas, mengajukan surat kepindahan disertakan alasan, biasanya tiap tahun akan diumumkan pos baru di berbagai kota Turki, dan ini lewat seleksi ketat. Jika ada PNS yang ingin pindah dinas ke İstanbul prosesnya lebih mudah, tapi ingin meninggalkan İstanbul dipersulit, persaingan kuota mutasi ketat.

Cerita awal tinggal di daerah dingin dengan suhu sering minus

Fasilitas Gedung yang cukup memadai

Apartemen dinas memiliki jangka waktu (untuk 5 tahun saja) tapi jika tidak ada pengajuan dari Pegawai lain, bisa diperpanjang tinggalnya. Harga sewa langsung dipotong dari gaji pegawai. Untuk pengajuan tinggal di apartemen sekarang, menulis surat permohonan dikirim melalui Fax ke Kantor Pusat. Dapat nomer pintu dan langsung beserta kuncinya.

Penghuni Apartemen dari berbagai jabatan, Kepala Lapas sampai supir juga diberi hak tinggal sama, karena di Gedung B, dua pimpinan suami tinggal satu apartemen dan juga temannya yang berprofesi sebagai supir juga tinggal di gedung sama. Dulu Pernah bertanya ke suami, kenapa waktu tinggal di İstanbul tidak mengajukan diri untuk tinggal di apartemen dinas, bisa lebih hemat. Jawab dia: ”Kamu tahu sendiri İstanbul, kota terbesar, pengajuan dan antriannya juga banyak. ” benar juga, apalagi sewa bulanan masih jauh dibawah harga sewa hunian apartemen umum. Kalau mau sewa apartemen dinas lebih mudah, tinggalah di antah berantah di Turki. Pengajuan mudah. seperti kami sekarang.

musim semi, diladang gandum, lokasi tinggal di area pertanian, dr kejauhan pegunungan membentang

Penghangat ruangan Free

Fasilitas lain yang membuat kami bisa berhemat, adalah dapat fasilitas pemanas ruangan bebas biaya! ketika musim dingin banyak yang mengeluhkan bayar Gas cukup mahal. Untuk di lojman (sebutan apartemen Dinas) ditempat kami tinggal, menggunakan solar sel, ada 100an lebih solar sel yang dipasang di area komplek lapas, tadinya saya pikir tenaga surya yang digunakan untuk Listrik, ternyata bukan, Solar sel dipasang untuk penghangat ruangan dan air panas. Dirumah tetap pakai Gas untuk memasak dan ini bayar sendiri. Banyak gedung Baru milik pemerintah mulai menggunakan solar sel untuk hemat energi. Karena pemanasa ruangan menggunakan tenaga solar sel, penghuni gedung tidak dikenai biaya. Untuk Listrik tetap bayar normal dan gas untuk memasak saja, air tidak dikenakan biaya sebagaimana tinggal di kota (ini di gunung, alhamdulilah air banyak heheh) Sisanya bayar perawatan unit gedung, tiap pintu iuran untuk bayar gaji petugas kebersihan, petugas kebersihan adalah warga setempat yang dipekerjakan, tugasnya mengepel dan membersihkan lantai gedung, tiap gedung ditunjuk penanggung jawab dari salah satu penghuni yang ditunjuk. Untuk area taman di depan gedung, perawatan dari menyiram dan menanam pohon dilakukan para penghuni lapas, Nah ini yang kadang membuat saya risih sendiri kalau mau jalan santai ke luar gedung, ada banyak tahanan yang kerja bakti. Jadi pilih semedi saja didalam rumah.

ukuran apartemen cukup luas

ukuran hunian 3 x 1, ada satu toilet jongkok, kamar mandi utama dgn toilet duduk, wastafel dan colokan listrik dan lubang tempat pembuangan air, ruang untuk mesin cuci lalu kamar mandi dalam untuk di kamar tidur utama, total ada 3 . Jadi tidak ada cerita antri toilet dirumah.

Kamar utama, 2 kamar anak dan ruang tamu, dua balkon. satu didapur dan satu lagi di balkon depan ruang tamu. Dapur. Membandingkan dengan apartemen sebelumnya di İstanbul tentu saja berbeda dan masih bersyukur bisa menempati apartemen sekarang, jauh lebih baik dan hangat di musim dingin. İni yang penting.

Obrolan bapak bapak komplek lojman

Apa yang menarik tinggal di tempat sekarang?

Selain karena Fasilitas Gedung, kalau suasana lainnya Tidak ada hahahha…, Bahkan Park yang memadai untuk bermain anak saja masih kurang-.-‘. Hiburan lengkap untuk aktifitas anak biasanya kami pergi ke kota provinsi. İtupun tidak tiap bulan. Bahkan untuk membeli daging dan tulang sapi, biasa buat kaldu–kemik et- saya harus pesan dulu ke toko daging disini, jarang dijual. Semua kebutuhan lengkap ada di ibukota provinsi, turun gunung dulu satu jam:) demi kuah bakso. Praktis semenjak tinggal disini, jadi lebih sering belanja Online, meski inipun sampainya rada lama, dari pada keluar ongkos lebih besar ke kota provinsi.

Cerita dari İskilip–tempat tinggal keluargapanda, bukan İstanbul lagi

Gedung tempat tinggal kami, Gedung ke-3 langsung bersebelahan dengan Lapas, dari jendela kamar bisa melihat aktifitas warga binaan, kebetulan tinggal dilantai teratas. melihat para penghuni Lapas, untuk mengusir rasa jenuh, mereka sering sekali berjalan bolak balik kayak setrikaan, saya sampai hafal apa saja rutinitas harian mereka, termasuk jika tengah malam ada Ambulan atau mobil patroli Jandarma datang, karena sirine warna merah dan birunya menembus jendela kamar-.-‘.

jangan berharap ada tukang bakso lewat:) ada angkot masuk juga alhamdulilah..tahun ini, area sekitar akan jadi lahan bercocok tanam narapidana. Makin susah jalan santai.

Pemandangan alam atau laut gitu kan menarik ya daripada melihat wajah wajah Penghuni sebelah yang banyak catatan kriminalnya, mulai dari pemerkosa, pelaku KDRT, pemakai narkoba. Ada sekitar 700an lebih penghuni lapas yang didominasi kiriman dari İstanbul. Jangan berharap dulu Turki semacam salah satu negara eropa yang kekurangan Narapidana atau nyaris tidak ada, disini berbagai manusia jahat masih banyak, makanya isi Lapas juga penuh terus, bisa jadi perhatian untuk yang tertarik dengan Pria Turki, yang baik banyak tapi yang jahaaaat juga ga kalah banyak. Bukti nyata saya bertetangga tinggal dengan mereka soal fisik, banyak kok yang ganteng bak pemain sinetron Turki. Kadang mereka juga dipekerjakan untuk membersihkan area Lojman, kerja bakti. Nah ini saya sempat melihat sendiri dari dekat, Ganteng, tinggi bak foto model lagi nyapu halaman, penampilannya juga trendi. Kasusnya biasa ga jauh dari narkoba, atau penipu atau pelaku kejahatan Se**ual, karena cuma 3 kategori ini mayoritas penghuni komplek sebelah, kalau kasusnya berat semacam telor-risme, lokasinya khusus, untuk pentolannya-maximun security. pelaku radikalisme-gitu sel nya khusus tidak disatukan dengan yang lain–karena ‘bahaya mencemari’ pemikirannya ke yang lain.

kota amat sangat kecil, bisa jalan kaki untuk keliling kota:)

Tetangga sebelah kabur lapor militer

Ditempat tinggal sekarang, cerita harian saya seputar cerita di Lapas terus, karena ini jenis open prison–memang sedikit longgar–biasanya penghuni kategori kasus ringan, atau sudah dinilai berkelakuan baik, masa tahanan sebentar lagi, mereka akan di transfer kesini. Rata-rata dari İstanbul. Tapi ga jadi jaminan mereka beneran ‘Tobat’ juga ya, ada yang ga sabar pilih kabur malam-malam, ga dikejar sama petugas Lapas, mereka langsung telpon Jandarma, kasih data tahanan yang kabur. İtu urusan rekan Jandarma untuk menangkap kembali, kalau tertangkap justru hukuman jadi lebih berat, di transfer balik ke penjara tertutup. Padahal lebih enak Open prison seperti disini. (Haduh ini mau cerita lingkungan tinggal jadi ngosip Lapas hahaha) ini sambil ngetik liat ke jendala isinya orang hilir mudik terus.

Bedanya kumpul teman İndonesia dan teman Turki

Berhemat untuk Masa depan?

Meski harga sewa tempat tinggal lebih murah dibanding warga biasa diperkotaan, bukan berarti bisa foya foya, kami belum punya rumah sendiri, menikah dari Nol, nebeng mertua 8 bulan, jadi Kontrak-tor di İstanbul lalu ke Pluto, maunya setelah keluar dari Pluto pindah ke rumah sendiri. Tinggal di lojman ini jadi kesempatan kami untuk bisa lebih mengatur pengeluaran, ada dana tabungan untuk rumah, pendidikan anak. Masa depan siapa yang tahu, saya berusaha berhemat . minta suami membelikan makanan nusantara, termasuk jarang sekali. Terakhir hanya minta belikan tepung tapioka 5 kilo, modal saya untuk mengolah bakso dan jajanan kampung, udah itu aja. kalau mengikuti insta story di instagram, bisa ketebak kerjaan saya dirumah, krupuk aja bikin sendiri hahah, membeli masakan jadi, bisa dikata belum pernah, Suami lebih suka memberi kail , usaha sendiri. ‘‘kalau teman kamu bisa masa kamu engga, resep masakan bertebaran di İnternet, praktek aja’‘. Jadilah itu mabok tapioka 5 kilo, mulai dr kerupuk, bakso , cilok, siomay. Biar ada kegiatan di rumah daripada bengong dipinggir jendela kamar ngeliatin narapidana, suram amat hidup.

Perjalanan hidup

Dicerita sebelumnya saya jujur menulis, diajak pindah dari Zona senyaman İstanbul terasa berat diawal, berjauhan dengan teman WNİ, semenjak pindah ke Pluto saya belum bertemu dengan teman WNİ disini,terhitung dari awal 2018 sampai sekarang, selain interaksi di sosial media saja. Lama-lama mulai terbiasa, hanya interaksi dengan teman teman Turki di komplek, hitung hitung melancarkan bahasa Turki saya, meski ujungnya si teman ini ya ngegosip, salah satunya gosipin ada narapidana yang bunuh 14 orang lagi ikut kerja bakti di komplek!udah bikin kehebohan aja dia. iya diskusi dengan tetangga juga ga jauh dari bahas isi gedung lapas.

İni perjalanan hidup saya sekarang, belajar menerima keadaan, dimanapun tinggal suatu saat tinggal di lojman ini jadi kenangan tersendiri, mendampingi suami hidup di Pluto, paling ga menulis di blog juga jadi cara saya berkomunikasi dengan dunia luar, self healing, kalau lagi pengen cerita, karena saya tipe makhluk yang malas telponan lama-lama, menulis adalah cara saya berkomunikasi yang lebih efektif. Mau sering traveling, butuh banyak dana untuk sekadar keluar dari Pluto saja, karena lokasi terpencil:) Tapi nikmati sajalah selama Wifie di rumah kenceng, bahagia-bahagia saja.

Romantis ke Pasangan seberapa perlu?

Standar keromantisan itu apa sih? makan malam romantis , terus dikasih kejutan tulisan dari kelopak mawar yang disusun menjadi kalimat İ LOVE YOU, dikasih Berlian, sebuket mawar besar dan kejutan lain yang membuat pasangannya terharu, ehm ini sih yang saya liat dari Kdrama, seperti adegan di drama Oh my Venus, ketika Kim young ho yang diperankan oleh So Jisub ngelamar Kang joo eun (Shin min ah)

sumber foto: Twitter @asty_noona

Adegan lamaran di Drama Oh My Venus, dimana Sang pemeran utama melamar kekasihnya dengan cara unik, memberikan syal rajutan warna pink hasil buatannya sendiri, dengan Bandulan benang di ujungnya, yang ternyata jika ditarik benangnya akan muncul cincin, İde yang unik daripada dimasukin ke dalam kue, nanti ketelan bahaya heheh.

Pentingnya nama panggilan untuk Suami

Memberi Bunga jadi standar keromantisan ?

Aih cok romantik” ucapan seperti ini ditujukan ke pasangan keponakan dan tunangannya, berbagai buket bunga sampai mengering yang diberikan tunangannya dia simpan dengan baik dikamar dan ditunjukan ke tantenya (saya). Sepulang dari rumah keponakan, iseng saya ngobrol dengan suami. ” Tuh calon suami keponakan kamu, romantis banget ya ternyata”. Dia cuma jawab ”’ ehmmmmm” kemudian lanjut. ” Belum teruji aja dalam berumah tangga” . ” Loh apa hubungannya” tanya saya penasaran. ‘‘ ada yang lebih penting menurut saya daripada sekadar memberikan bunga. Bertanggung jawab, memastikan kamu tidak kekurangan selama hidup bersama saya, dan kamu selalu bahagia” kira-kira kalau saya terjemahkan bebas, Suami bilangnya gitu, dia paling sedih kalau saya mengeluarkan kata. ”im not happy”. Padahal saya cuma iseng aja nanya, karena juga sudah hafal dengan karakter suami, bukan tipe Pria yang suka memberi kejutan manis ke pasangannya. Jadi tau dirilah ngarep dimodusin dengan sebuket bunga:V

İni teman terbaik saya setelah Menikah!

Kalau masih Pacaran, kadang merasa dituntut sama pasangannya agar memperlakukannya dengan manis, ketika menikah banyak yang masih mempertahankan sikap manisnya memberikan kejutan istri di moment moment tertentu atau mulai meluntur ketika anak-anak mulai hadir?

Standar Romantis setiap orang ternyata tidak sama?

Babanya anak-anak bukan So jisub 😛 aktor korea, versi drama bisa manis gitu melamar kekasihnya, versi kami dulu, ini juga saya ga ingat betul, kapan tepatnya suami melamar hahah, dulu perasaan kayak orang iseng aja ngajak nikah, Ga tau kesambet apa ya dulu, ga ada romantis-romantisan, Langsung buktikan niat seriusnya ngelamar anak orang. Sampai detik ini, kalau saya mau kejutan ya harus bilang dulu detail maunya apa, aneh tapi ya gitu, jadi kalau mau lihat yang romantis-romantis cukup saja baca novel atau nonton drama genre ini, saya juga termasuk orang yang kurang romantis, misalkan menulis puisi cinta buat gebetan, bacanya aja merinding sendiri, sampai bertanya-tanya , ini saya bukan yaaa?

Bulan Februari katanya bulan coklat? berbagi tips manfaat coklat

Dalam imajinasi saya, keromantisan pasangan itu, Bak kisah Ainun Habibie atau beberapa kisah pasangan manula yang tetap harmonis sampai tua layaknya pasangan muda yang kasmaran, mereka menunjukan kasih sayangnya luar biasa, meski hanya saling menatap atau berbagi kisah lucu, melihat disosial media terus diberi tagar couplegoals bla..bla… jujur tidak pernah membuat saya terbawa perasaan (baper) aih romantis banget mereka.., kalau melihat foto tanpa caption macam-macam, gambarnya saja sudah bercerita. Menua bersama dengan bahagia bukan karena tekanan batin terpaksa tetap bersama ehmm.

Photo by Simon Godfrey on Unsplash

Aku ingin menua denganmu, menjadi bapak-bapak sarungan nyiram jalanan depan rumah pakai air got, sementara kau dasteran membeli sayur sambil gibah -Fiersa Besari.

Tapi ya ga gitu juga masa tua diisi ghibah sana sini:V, tiap bulan Februari, karena sliweran bahas coklat atau gambar bunga, meski ga ngikutin moment moment seperti ini, kan kata netijen: Valentine bukan budaya kita, budaya kita bilang OTW tapi masih aja rebahan:d Tapi untuk menunjukan sisi romantis ke pasangan sah, ga ada larangan kapanpun,asal tau tempat aja, jangan ditengah keramaian melakukan adegan ciuman panas bak di Drama korea. Jangan jangan nanti ada yang merekam kemudian diviralkan, habis sudah dikomentari lewat jari netijen, pada ceramah tentang Moral semua heheh.

Jujur aja kalau perempuan tetap suka diromantisin kan? atau sebagai pria seneng gitu ngeromantisin pasangan?

5 Rekomendasi pilihan Cemilan Sehat dari Turki

Minggu ke- 5-- 52  weeks journaling Challenge

Baklava identik sekali dengan kudapan khas Turki yang menjadi incaran para Traveler jika sedang liburan di Turki, kudapan manis tidak hanya Baklava, ada Kunefe, Tulumba, Revanı, Lokma, Tel kadayif dan masih banyak lagi, persamaan dari semua kudapan ini adalah siraman sirup Gula, karena cemilan atau kudapan Turki banyak didominasi rasa manis. Nah saya mau menulis Cemilan atau Snack yang menurut lidah saya jauh lebih enak dan menyehatkan, ketimbang kudapan manis diatas, pilihannya adalah aneka snack kacang-kacangan. Berhubung saya kurang menyukai aneka kudapan manis Turki, gigi langsung ngilu, melihat guyuran sirup gula di Baklava dan lainnya. Saya jarang mengkonsumsi kudapan manis diatas, selain karena sedang belajar hidup sehat. Tapi jika suka silahkan saja, tulisan ini saya rekomendasikan cemilan sehat yang biasa kami beli:

Rekomendasi Cemilan dari Turki

Leblebi

Biasa dikenal dengan nama lain ‘‘Kacang arab’‘ oleh-oleh yang sering dibawa selepas menunaikan ibadah haji di tanah suci, nama Turkinya: Leblebi, dan provinsi yang terkenal sebagai penghasil kacang leblebi adalah Çorum, daerah asal suami. Ya Jika berkunjung ke Kota ini, akan mudah menemukan berbagai toko cemilan menjual Leblebi dengan aneka rasa, Pilihan rasa: Pedas, asin, manis, di balut Coklat dll, saya sering membeli aneka rasa leblebi sebagai cemilan di rumah. Untuk Toko terkenal penjual Leblebi adalah Hasan karakus kuruyemis. Merk ini cukup terkenal di Corum dan memiliki banyak Cabang, Mereka jual menjual Online untuk wilayah Turki di websitenya.

Kacang Leblebi pertama kali dibuat dan diolah syeikh Murat Gazi (1370-1390) dia membuat dan memanggang kacang leblebi dan menjadi terkenal sampai sekarang, uniknya kacang ini dikenal oleh sebagian masyarakat İndonesia dengan nama kacang arab.

creditfoto: karakuskuruyemis.com

Cevizli Köme

Ceviz= Kacang walnut, Köme ini bisa juga diartikan sejenis sucuk atau Sausage/ sosis, bedanya isi dari sosis ini adalah kacang walnut, untuk kulit luarnya dari starch–Pati–memakai Buğday nisastasi, Pati Gandum dengan pemanis dari molases anggur (uzum pekmezi) Sensasi dimulut ketika makan Cevizli köme ini seperti menggigit permen karet, kenyal manis dan rasa renyah kacang walnut menjadi satu. Sensasi yang bikin nagih manis pas.

credit foto:karakuskuruyemis.com

Di İstanbul atau kota kota besar lainnya di Turki bisa membeli ini di toko cemilan (kuruyemis) begitu juga Leblebi.

Aneka jenis kacang

credit foto: https://www.hurriyet.com.tr/

‘ Emang enak dikacangin?!!” Percayalah aneka jenis kacang-kacangan di Turki itu enak banget. Aneka cemilan favorit dirumah adalah ini, aneka berbagai kacang yang biasa kami beli di toko Hasan karakus kuruyemis. Pilihan banyak, kalau si Baba cemilan favoritnya adalah kuaci dan leblebi, saya menjulukinya: hamster Baba, karena tidak bisa lepas dengan kuaci kapanpun.untuk kacang walnut jarang kami beli sendiri, karena İbu mertua di desa memiliki kebun dan pohon walnut, musim gugur lalu beliau datang ke rumah membawa setengah karung besar kacang walnut. berbagi ke tetangga dan tentu saja untuk stok cemilan di rumah.

Keciboyunuzu dan kismis Hitam

Keçiboynuzu (harnup) kacang locust-spesialis Perdu, biasa diolah untuk Pekmezi, tapi juga bisa dimakan langsung, konon katanya keciboynuzu ini bagus untuk vitalitas pria..uhukkk dan bisa mencegah sembelit bagus untuk sistem pencernaan, bisa membantu mengatasi Batuk secara alami , bronkitis, asma, banyak manfaatnya untuk kebaikan tubuh, memakannya secara langsung sensasinya seperti menikmati buah asam thailand dalam versi manis getir.

creditfoto: karakuskuruyemis.com

Kismis Hitam biasa di sebut Kan üzümü kaya antioksidan, bagus untuk kesehatan jantung dan masih banyak lainnya, keciboynuzu maupun kismis hitam sering juga kami jadikan cemilan di rumah, selain cemilan pabrikan, stok cemilan sehat juga wajib ada dirumah.

SÜT Mısır

Jagung manis hangat, jajanan pinggir jalan, kalau di İndonesia ada yang namanya Jasuke, versi Turki dengan minimalis Bumbu, terkadang hanya cukup bumbu garam dan mentega atau saos mayonaise dan saos tomat, tapi soal rasa ehmm hanya dengan rasa original jagung manisnya saja sudah cukup menggugah selera, Jajanan ini biasa ditemukan diberbagai kota di Turki, harganya juga terbilang murah untuk satu gelas, bisa dimakan sambil ngobrol dipinggir jalan menikmati pemandangan İndah kota -kota İndah di Turki. Sut Misir banyak dijual ketika cuaca dingin, cemilan hangat ini cocok dimakan ketika musim dingin, İni juga termasuk cemilan sederhana dan favorit kami sekeluarga.

credit to : www.hurriyet.com.t

5 Rekomendasi pilihan cemilan favorit keluargapanda, bisa dicoba jika sedang berkunjung ke Turki, tapi untuk no.5 rasanya mudah didapat di İndonesia ya. Jaminan cemilan sehat dan kaya manfaat semua:)

Saya mati-matian mempertahankan Pasport Rİ, mereka bakar pasport Rİ!

Sebagai pelaku kawincampur, urusan kewarganegaraan itu jadi isu sensitif dalam rumah tangga, apalagi karena İndonesia belum menganut sistem kewarganegaraan ganda, masih diperjuangkan. Anak-anak saya, keduanya memiliki kewarganegaraan Ganda, meski secara hukum status kewarganegaraan nomer satu mereka adalah Republik Turki dan kewarganegaraan İndonesia nomer dua, karena Ayahnya orang Asing. Yang menjadi syarat utama pengajuan pasport İndonesia harus ada izin dari Ayah kandungnya dengan Bukti surat notaris di Turki. Tertulis jika ayahnya sebagai orang asing memberi izin anaknya memiliki pasport asing.

Fatih dan Alya memiliki Tc kimlik ( KTP warga negara Turki) sedang saya İkamet (kartu izin tinggal) dengan nomer kependudukan dibedakan, khusus orang asing, anak-anak memakai identity card sama dengan warga Turki biasa. Menikah dengan warga negara asing tidak otomatis status kewarganegaraan saya ikut suami, itu pilihan saja. Kalau mau melepas kewarganegaran dan berpindah jadi warga negara Turki, saya harus melalui proses pengajuan warga negara, syarat-syarat sudah memenuhi. TAPİ sejauh ini belum terpikirkan untuk Pindah warga negara, karena ada kesempatan untuk mengajukan İzin tinggal khusus (üzun Dönem İkamet suresiz) dengan persyaratan yang ketat.

Baca:

Tinggal di luar negeri dan jadi duta bangsa perlukah?

Kenapa tidak pindah warga negara saja? ini hak saya, mempertimbangkan status kewarganegaraan, kalau bisa ajukan izin tinggal khusus, saya ikhtiar dulu. Karena dihati kecil kami (saya dan suami) suatu saat jika umur panjang dan ada kesempatan menikmati hari tua, ingin sekali tinggal di kampung İndonesia ketika musim dingin di Turki tiba, bisa tinggal lebih lama tanpa pusing saya urus izin tinggal, tapi entahlah ini juga baru sebatas wacana. Banyak teman WNİ yang tetap berusaha urus izin tinggal, berhadapan dengan pihak imigrasi kadang membuat stress, selalu ada aja ketegangan, entah dokumen yang kurang, atau proses pengiriman kartu yang terlambat, kenaikan biaya izin tinggal semakin mahal. Alasan mereka tetap bertahan pegang pasport İndonesia, tentu saja masa depan. Siapa yang bisa meramal masa depannya sendiri, akan selalu bahagia dan baik-baik saja, Pernikahan berbilang tahun pun tidak menjadi jaminan akan berakhir seperti apa, Perpisahan, kematian pasangan. Ada banyak alasan lain tentu saja.

Bisa berbahasa İNDONESİA itu penting bagi anak  kawincampur

Mengurus akta kelahiran anak hasil kawincampur

Ketika eks WNİ yang gabung isis pengen balik ke İndonesia?

Kami yang tinggal di negara asing, mati-matian tetap mempertahankan status kewarganegaraan İndonesia, kadang dibujuk suami untuk pindah saja, hati belum tergerak. Mikir kalau pindah dan masih ada niat balik ke İndonesia dimasa tua, akan sesulit apa proses naturalisasi kembali, memeluk pasport Garuda. sebagai bukti status sebagai warga negara İndonesia, Meski ada yang pindah warga negara rasanya saya tidak pernah mendengar cerita, mereka membakar pasport İndonesianya, dan bekas orang İndonesia yang masuk suriah karena bermimpi tentang negara khilafah, ramai-ramai membakar pasport İndonesianya, mencampakkan Pasport İndonesia karena optimis negara baru impian mereka akan terwujud sempurna, adil makmur dan bisa hidup bahagia? nyatanya??

antrian imigrasi
antrian di kantor GOc (imigrasi ) İstanbul ketika ngurus izin tinggal demi tetap jadi WNİ

Hidup terlunta-lunta seperti masuk neraka, melihat banyak kekejaman dari pasukan dan pemimpin yang diidolakannya, dikira berwujud malaikat eh ternyata iblis. Sekarang menangis tersedu-sedu memohon dipulangkan ke bekas tanah airnya. Saya melihatnya entah kenapa tidak ada jatuh simpati, meski atas nama kemanusiaan, karena itu pilihan mereka sendiri, bukan karena diusir tetangga sekampung apalagi negara, toh mereka sampai bisa pergi ke Luar negeri dan punya pasport İndonesia, artinya baik-baik saja kan hubungan sama negara? tidak dicekal imigrasi.

Sekarang memohon simpati karena negara impiannya hanya fatamorgana? mungkin mereka lupa, negara thogut yang bernama İndonesia, karena pemimpinnya tidak sesuai impian mereka. Negara ini berdiri,dibentuk atas perjuangan para syuhada juga, mereka yang berjihad demi terbebas dari penjajahan kejam jepang, Belanda, tentara sekutu, Apa mereka lupa? berapa banyak ulama yang juga wafat ketika berjuang untuk İndonesia jadi negara Merdeka.

Negara İndonesia terbentuk dan memiliki Undang-undang yang mengatur warga negaranya, salah satu undang undang yang disorot untuk kasus bekas warga negara adalah UU no 12 tahun 2006 tentang kewarganegaraan, UU ini mengatur tentang kewarganegaraan İndonesia dan juga tentang seseorang yang kehilangan status kewarganegaraannya karena apa. Saya kutip point untuk memperkuat alasan bekas WNİ 600 orang itu kenapa tidak layak diterima jadi warga negara İndonesia lagi karena:

pasal 23 tentang :KEHİLANGAN KEWARGANEGARAAN REPUBLİK İNDONESİA

Masuk dinas tentara warga negara asing tanpa izin terlebih dahulu presiden

Secara sukarela mengangkat sumpah atau menyatakan janji setia kepada negara asing atau bagian dari negara asing tersebut

Bertempat tinggal di luar wilayah NKRİ selama 5 tahun terus menerus bukan dalam rangka Dinas negara, tanpa alasan yang sah dan dengan sengaja tidak menyatakan keinginannya untuk tetap menjadi warga negara İndonesia.

Dan baru baca kalau komisi tiga DPR setuju untuk pemulangan 600 orang bekas WNİ itu, pemerintah harus bertanggung jawab monitoring dan sebagainya, kadang ga ngerti sama isi kepala anggota DPR ini, coba posisikan dirinya sebagai eks Korban separatis , keluarga korban radikalisme atas nama agama, kasus berbagai BOM di awal tahun 2000-an. Mereka bekas WNİ yang sudah terpapar radikal, tau cara menggunakan senjata, Mereka yang sudah berkhianat, mengkhiananti negaranya tidak akan mudah mencintai Negaranya Kembali. Deradikalisasi atau apalah namanya, tidak semudah itu membalikan mereka jadi warga negara taat hukum lagi.

Atas nama kemanusiaan saya masih tersentuh hati melihat anak-anak mereka yang tidak tahu apa-apa hanya dijadikan korban ayahnya yang membawa mereka, tapi untuk bapaknya sebagai pembuat masalah, tidak layak masuk NKRİ lagi. Melihat wawancaranya saja via BBC kesal dengan cara bicara si Ayah. Udah berbuat salah, masih juga nyalahin pihak konsulat İndonesia yang tidak peduli mereka, ya helo bapak! situ sehat, coba kamu bakar pasport İndonesia di depan KBRİ sini. Udah mencampakan tapi masih minta perhatian.

Saya sedikit emosi gitu menanggapi Berita seperti ini, ketika sedang terjadi perang Suriah, banyak WNİ yang berdatangan lewat Turki untuk ke Suriah, pergi ke negara impiannya, sudah beberapa kali pihak konsulat İndonesia ngurusin mereka yang mau ‘nyebrang’ ke Suriah, bawa anak kecil yang ga tau apa-apa, korban doktrin bapaknya. Suami juga pernah cerita kalau di Penjara khusus orang asing ada WNİ, kasusnya berkaitan sama isis juga. Udah masuk negara orang juga ngerepotin, apalagi balik ke İndonesia, PR untuk mensejahterakan 200an juta WNİ masih banyak, kehilangan 600 orang bodo amat kalau saya, mungkin kalau eks anak -anaknya masih bisa dipertimbangkan tapi para korban doktrin kayak emak bapaknya? ingatkan tentang keselamatan warga negara lain, Virus radikal ini jauh lebih bahaya dari virus korona. Kedepan akan lebih banyak korban jiwa karena Virus ini.

Kenangan 17 agustusan di masa kecil

Pemandu wisata fasih berbahasa İndonesia, BANGGA

Tulisan ini opini pribadi saya sebagai WNİ yang tinggal di Luar negeri, yang tetap berusaha mempertahankan staatus kewarganegaraan İndonesia dengan sepenuh hati, meski suatu saat ada kondisi saya pindah warga negara, itu dengan ikhlas hati bukan karena tidak cinta İndonesia, selamanya İndonesia. Saya hanya sakit hati melihat kelakuan manusia yang membakar pasport İndonesia dengan sombongnya, pasport yang menjadi identitas sebagai warga negara bernama İndonesia, kami yang disini berjuang ngurus ikamet dan sebagainya menghadapi birokrasi negara Turki demi tetap mempertahankan pasport Garuda. Sebagai Bukti kami masih warga negara İndonesia, baik buruknya mereka memandang İndonesia, Cinta itu tetap bertahan. Perjuangan untuk dwikewarganegaraan İndonesia tidak lain demi tetap mempertahankan pasport İndonesia. Percayalah setelah hidup jauh ribuan kilometer dari tanah air, justru cinta NKRİ makin kuat, berusaha sebisa mungkin menjaga nama baik bangsa, memperkenalkan İndonesia ke mata dunia, mengenalkan keberagaman,kekayaan budaya İndonesia, sudah banyak pencapaian WNİ di luar negeri dan mengharumkan nama İndonesia-kecuali eks WNİ ini–yang terang-terangkan menunjukan sebaliknya. Salam.